top of page

Tumpuk Extension Colokan bisa berbahaya!


 

Pasti kalian sering dengar bapak-bapak selalu bilang jangan tumpuk colokan listrik / extension listrik?


Emangnya kenapa sih ga boleh colokin extension listrik ke extension listrik secara serial? Kan jauh lebih simpel kalau kabelnya kurang cukup panjang, atau kurang banyak socket listriknya.


Ternyata yang bapak-bapak katakan itu benar guys, memasang extension cord secara serial, atau dipasang extension cord ke extension cord lainnya, itu bisa menimbulkan kebakaran!


Faktor faktor yang mungkin menyebabkan ekstensi stop kontak terbakar diantaranya adalah kendurnya kepala kabel ketika disambungkan ke extension.


Kendurnya kepala kabel ini akan menyebabkan adanya jarak antara terminal kabel dengan busbar yang terletak didalam extension stop kontak dan akan membuat percikan api yang dikenal juga dengan Arcing.


Seperti yang kita tau, benda yang berbahan plastik apabila terkena api akan terjadi masalah! Stop kontak dapat meleleh dikarenakan hal ini. Stop kontak yang terbakar ini akan membuat busbar didalam stop kontak menjadi tidak pada tempatnya dan memungkinkan membuat korsleting listrik!


Lalu bagaimana cara kita untuk menghindarinya?

  1. Membaca spesifikasi extension cord dapat menahan arus listrik hingga berapa Ampere.

  2. Menggunakan MCB (Miniature Circuit Breaker) pada saat instalasi listrik agar listrik "jepret" apabila arus yang melalui MCB melebihi dari spesifikasi MCB yang digunakan.

  3. Hindari mencabangkan extension cord dengan extension cord lainnya. Apabila memerlukan stop kontak yang lebih banyak pada lokasi tersebut, bila memungkinkan tarik extension cord dari stop kontak yang berbeda.


5 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page